37 Mahasiswa Asing Tanam Mangrove di Surabaya

MangroverID - Surabaya - Sebanyak 37 mahasiswa asing dari Belanda, Hong Kong, Jepang, dan China menanam mangrove di hutan mangrove Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Senin. Ke-37 mahasiswa asing menanam mangrove di Surabaya bersama 56 mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menjelang Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional atau Community Outreach Program (COP) 2010 di Kediri.

Para mahasiswa asing itu terdiri dari 15 mahasiswa "Inholland University" Belanda, dan lima mahasiswa "Hongkong Baptist University" Hong Kong.

Selain itu, 11 mahasiswa "International Christian University" Jepang, dua mahasiswa "St Andrew's University" Jepang, dan tiga mahasiswa "Chinese University of Hongkong" Hong Kong.

"Sebenarnya, ada 28 mahasiswa lagi dari 'Dong Seo University' Korea Selatan, tapi mereka datang terlambat pada Senin (5/7) malam," kata Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UK Petra Surabaya, Herry Palit.

Penanaman mangrove dalam rangkaian bakti sosial peserta COP XVIII-2010 itu dibuka Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Peternakan, Pertanian, dan Kehutanan Kota Surabaya, Samsul Arifin, yang mewakili Wali Kota Surabaya, Bambang DH.

Menurut Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Peternakan, Pertanian, dan Kehutanan Kota Surabaya, Samsul Arifin, bakti sosial di hutan mangrove Wonorejo itu juga merupakan peringatan 15 tahun kerja sama dengan antara Kota Surabaya dengan "Dong Seo University" Korea Selatan.

"Kita tahu bahwa hutan mangrove itu meningkatkan ekosistem laut seperti ikan, kepiting, dan burung, bahkan hasil survei Lembaga Kutilang Surabaya menemukan bahwa mangrove mampu menarik 147 spesies burung dengan 84 di antaranya menetap dan sisanya migran," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Pemerintah Kota Surabaya menargetkan 50 ribu batang mangrove ditanam dalam setahun.

"Rekan-rekan mahasiswa asing dan mahasiswa UK Petra Surabaya kali ini menanam 500 batang pohon mangrove jenis rizophora, karena itu kami berterima kasih dengan penanaman yang akan memperbaiki kondisi hutan di pantai timur Surabaya (pamurbaya) seluas 871 hektare," katanya.

COPYRIGHT © 2009 ANTARAJATIM

Sumber http://fkpmne.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar