Generoves (Green Generation Action in Planting Mangroves)

MangroverID - Gempa dan tsunami di Jepang yang terjadi satu hari sebelum acara aksi tanam seribu pohon bernama Generoves, gak ngebuat para peserta dan juga panitia acara tersebut mengurungkan niat mereka melakukan kegiatan penanaman mangrove yang harus menyebrangi laut terlebih dahulu.

Mereka semua tetep menyebrang ke Pulau Untung Jawa, salah satu pulau konservasi mangrove yang ada di Kepulauan Seribu, Sabtu 12 Maret 2011 kemarin. Penanaman mangrove yang dilakukan siswa-siswi SMA Negeri 26 Jakarta itu merupakan bukti nyata bentuk kepedulian mereka terhadap bumi. Trus kenapa mangrove? Karena ingin mengambil fungsi mencegah erosi pantai yang dapat dilakukan oleh pohon mangrove selain memiliki fungsi hebat sebuah pohon. “Nantinya generasi muda akan menjadi penyambut tongkat estafet kepemimpinan negara ini. Dari sekarang, harus disadarin ke mereka semua yang kepeduliannya sama lingkungan udah semakin menipis, kalo peduli terhadap bumi itu bener-bener penting. It’s our part, let’s play and give the future kids a better place to life.”, kata sang Ketua Pelaksana, Rivi Satrianegara.

Peresmian acara penanaman mangrove dilakukan dengan menerbangkan seekor burung dara jantan dan juga betina yang diberi nama Gene dan Roves (Pastinya diambil dari nama acara ini). Tapi sayangnya, mereka terbang ke arah yang berbeda dan para peserta berharap kalau Gene dan Roves akan bertemu lagi. Nah, dari kegiatan Generoves ini lo semua harus bener-bener sadar kalau kita harus meningkatkan kepedulian terhadap bumi yang semakin rusak. Seperti tema acara ini, “Don’t just waiting for a change, but be a part of that change!”. Kita gak boleh cuma nunggu ada yang melakukan perubahan. Gimana jadinya kalo setiap orang cuma nungguin orang lain, nah makanya ayo jadi bagian dari perubahan itu.

Nah, setelah bercapek-capek menanam banyak bibit mangrove, mereka semua bisa menikmati keindahan Pulau Untung Jawa. Ada yang melakukan Snorkling di laut, ada yang bersepeda ngelilingin pulau, dan ada juga yang asik dengan belanja souvenir. Acara Generoves ini juga dilakukan untuk merayakan ulang tahun SMA Negeri 26 Jakarta, dan makanya dilakukan pemotongan tumpeng saat makan siang, dan by the way selamat ulang tahun ya SMAN 26! Seluruh peserta acara ini mendapatkan sertifikat kepedulian terhadap lingkungan dari sekolah, bukti kalo mereka itu bener-bener bagian dari Green Generation.

Ini saatnya kita berbuat hal baik untuk bumi yang udah baik mau kita tempatin selama ini tanpa minta feed back apa-apa. Ayo kita sembuhin bumi kita yang lagi sakit karena emang cuma kita yang bisa. Lo semua gak mau kan bumi semakin sakit? Gimana jadinya kita nanti sebagai penghuni bumi. Engga bisa cuma gue, lo, ataupun dia yang peduli, tapi kita semua tanpa terkecuali siapapun. We must be the one of Green Generation for this earth, for the future kids, and for us.

Penulis : Rivi

Sumber http://provoke-online.com

0 komentar:

Posting Komentar