Penanaman Bakau di kota Bontang | Mapala Plankthos

MangroverID - Kota bontang merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur yang keseluruhan wilayahnya berada di perairan dan banyak terdapat hutan mangrove. seiring waktu berjalan hutan mangrove yang ada disekitar perairan kota Bontang banyak mengalami kerusakan karena aktivitas manusia. padahal fungsi hutan mangrove itu sendiri sangat penting fungsinya seperti tempat beranak pinangnya biota-biota laut seperti ikan, kepiting , dan masih banyak lagi. selain itu hutan mangrove juga berfungsi sebagai pelindung pantai dan sungai dari bahan erosi dan abrasi dan menjadi pengolah limbah dan racun serta penghasil O2 dan penyerap CO2.

Mapala Plankthos fakultas perikanan UNMUL yang bergerak di bidang lingkungan khususnya perairan memiliki program kerja penanaman bakau dan itu terealisasi pada kota bontang. ada pun tujuan dari penanaman ini adalah untuk mencoba belajar melestarikan ekosistem agar tetap tejaga kelestariannya demi kelangsungan hidup biota di perairan pantai dan sekitarnya juga manusia yang menggantungkan hidupnya pada lautan.

kegiatan ini berupa penanaman dan seminar atau lokakarya yang pada tahun 2008 silam, di ikuti oleh dinas-dinas terkait kota bontang, wali kota Bontang, dan para pelajar tingkat SMU/SMK yang ada di kota Bontang. jumlah bibit bakau yang di tanam sekitar 1200 bibit ,,,

Sumber http://mplplankthos.blogspot.com

2 komentar:

MangroverID mengatakan...

Salam MANGROVER! Selamat datang di MangroverID

MangroverID mengatakan...

Selalu semangat teman-teman. Semangat MANGROVER!

Posting Komentar