Penanaman 1000 Pohon Cegah Abrasi

MangroverID - Bali, Serangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-66 dan HUT Provinsi Bali ke-43, Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati melaksanakan kegiatan penghijauan dengan penanaman 1000 pohon mangrove dan melepas Tukik di Pantai Purnama, Erjeruk Sukawati, Gianyar (12/8. Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Gianyar dan anggota muspida Gianyar.

Bupati Gianyar menyatakan penghijauan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar beserta masyarakat merupakan kegiatan pencegahan abrasi laut di Kawasan Pantai Lebih. Terlebih abrasi tersebut mengancam pembangunan yang berada disekitar pantai, seperti Jalan IB Mantra. Selain itu pantai Purnama juga digunakan untuk persembahyaan oleh masyarakat sekitar, sehingga keseimbangan Tri Hita Karana tetap terpelihara. Untuk pembangunan kawasan Pantai Lebih dialokasikan dana sebesar Rp. 3,5 Miliar.

Menurut Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir. I.G.A. Dewi Hariani, M.Si menyatakan sebanyak 1000 pohon Mangrove di tanam disekitar pantai Purnama. Pohon tersebut terdiri dari tanaman Celokarfus (Badang-badang) dan Cemara Laut yang merupakan jenis tanaman tahan air garam. Pupuk yang digunakan menanam adalah pupuk organik dari TPA Temesi. Selain itu juga dilakukan pelepasan Tukik sebanyak 50 ekor dari Kelompok Tani Nelayan Mertha Segara Desa Saba.

Lebih lanjut menurut Dewi kegiatan yang bertujuan melestarikan lingkungan, mencegah abrasi dan melestarikan satwa liar tersebut diikuti oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari karyawan dilingkungan Pemkab. Gianyar, masyarakat dan pelajar sekitar Pantai Purnama. (Humas Gianyar)

Sumber gianyarkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar