1.000 Mangrove Ditanam di Taman Wisata Alam

MangroverID - BERITAJAKARTA.COM — 25-11-2008 14:48. Untuk mencegah abrasi di pesisir pantai utara Jakarta, Mabes Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud), menanam bibit pohon bakau atau mangrove di Kawasan Taman Wisata Alam, Pantai Indah Kapuk, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (25/11). Kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut dipimpin langsung dipimpin oleh Komisaris Jenderal Polisi (Komjenpol) Iman Haryatna, Kepala Babinkam Polri dengan diikuti ratusan petugas dari Ditpolairud.

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini merupakan bentuk kepedulian Ditpolairud terhadap lingkungan di daerah pesisir. "Rencananya, program ini akan kita lakukan secara terpadu sebagai upaya bersama untuk menghijaukan lingkungan pantai di Jakarta Utara," ujar Haryatna.

Penanaman bibit mangrov tersebut, kata Haryatna, untuk menanggulangi abrasi pantai di Jakarta Utara. Mudah-mudahan dengan banyaknya tanaman bakau ini, wilayah pesisir pantai Jakarta Utara bisa lebih hijau dan bisa menyejukkan lingkungan. "Kita sadar bahwa ekosistem hutan mangrove bagi kelestarian biota dan keamanan warga Jakarta khususnya mereka yang tinggal di pesisir pantai jumlahnya terus berkurang. Karena itu, dengan kegiatan ini mudah-mudahan lima hingga sepuluh tahun ke depan, warga pesisir tidak lagi ketakutan dengan air pasang atau rob," ungkapnya.

Selain itu, Haryatna juga mengimbau kepada warga agar ikut bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, terlebih pohon mangrove membutuhkan waktu lima tahun untuk menjadi pohon dewasa dan penanamanya memiliki resiko kesuksesan sekitar 75 persen untuk tumbuh menjadi pohon yang dewasa. "Kami berharap warga ikut menjaga dan mengawal pertumbuhan pohon mangrove, Sehingga anakan bakau ini tidak sia-sia diterjang ombak," jelasnya.

Pihaknya, lanjut Haryatna, juga akan melakukan kegiatan pemeliharaan dan pemantauan rutin dengan melibatkan komponen-komponen masyarakat pesisir, "Kita tidak akan asal tanam, tertapi kita juga melakukan penelitian dan perencanaan terlebih dahulu. Jika tidak, pohon akan mati sia-sia," terangnya.

Kasudin Pertamanan Jakarta Utara, Nandar Sunandar, yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh Ditpolairud. "Peran kami dari Sudin Pertamanan tentunya ikut menghijaukan Jakarta. Hal ini sudah menjadi sebuah keharusan,” tegasnya.

Tentunya, lanjut Nandar, dengan penanaman pohon ini diharapkan dapat mengurangi polusi yang cukup tinggi di Jakarta. Kita disini juga dituntut untuk lebih peduli terhadap lingkungan agar lebih hijau dan bersih. "Kami akan mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama merawat agar pohon yang baru ditanam bisa hidup sehingga berguna bagi kita semua," tandasnya.

Juru bicara Ditpolairud, AKP Agus Basuki, mengatakan kegiatan penanaman bibit mangrov ini merupakan rangkaian acara penyambutan HUT ke-58 Polairud. "Selain penanaman bibit mangrove, kami juga sudah melakukan kegiatan sosial berupa donor darah dan sunatan massal," ujarnya singkat.

Sumber http://www.beritajakarta.com

0 komentar:

Posting Komentar