Gabungan Elemen Masyarakat Rembang Tanam Ribuan Bibit Mangrove

MangroverID - REMBANG (wartamerdeka.com)-Berbagai elemen masyarakat terdiri jajaran Kodim 0720-Rembang, Polres, Kantor LH, Pramuka, LSM Lingkungan (LMLH), menghijaukan kembali kawasan mangrove desa Tireman kecamatan Rembang yang rusak akibat terjadi abrasi laut belum lama ini. Sebanyak lima ribu pohon Mangrove di tanam di pesisir pantai desa setempat pada hari Sabtu (20/2) kemarin.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Rembang Purwadi Syamsi disela kegiatan mengatakan, penanaman pohon mangrove perlu digalakkan, apalagi melihat sebagaian besar wilayah Rembang merupakan pantai terbuka yang rawan bencana abrasi. Pantai harus dijaga kelestarian lingkungannya, krena menjadi bagian penghidupan masyarakat Rembang yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

Disebutkan Kepala Kantor Lingkungan Hidup Rembang Purwadi Syamsi, pohon mangrove memiliki potensi penting dalam menjaga dan melindungi keseimbangan ekosistem wilayah pesisir, terutama sebagai penangkal abrasi. Mengingat kawasan pantai sangat berarti dalam kehidupan masyarakat nelayan, hendaknya semua elemen masyarakat ikut peduli menjaga kelestarian tanaman tersebut.

Sementara Komandan Kodim 0720 Rembang Letnan Kolonel Artileri Deedy Jusnar Hendarawan ditemui terpisah menegaskan, penanaman pohon mangrove penting untuk menjaga eksosistem laut. sebagian pakan ikan berupa plankton dihasilkan dari pohon tersebut. Sehingga jika pakan ikan terpenuhi, secara otomatis kuantitas ikan akan meningkat. Hasilnya, nelayan mendapat untung dengan tersedianya ikan yang melimpah.

Ditambahkan Komandan Kodim 0720 Rembang Letnan Kolonel Artileri Deedy Jusnar Hendarawan, jajarannya memegang komitmen teguh dalam menjaga kelesatrian lingkungan. Menyeluruh di semua wilayah Kabupaten Rembang, tidak hanya di satu tempat wilayah pesisir pantai saja.

Sedangkan Ketua LSM LMLH Rembang Miftahurrobbani menyebutkan, aksi penanaman pohon kali ini dalam rangka mereklamsi wilayah pantai di Rembang. Bibit pohon mangrove yang ditanam bantuan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan serta hasil swadaya. Tahun ini ditarget menanam 1 juta pohon, di sepanjang garis pantai Kabupaten Rembang.

Ditambahkan Miftahuttobani, untuk menjaga lingkungan wilayah pantai khususnya tanaman mangrove, diperlukan adanya regulasi yang melindunginya. Setidaknya diterbitkan peraturan daerah (Perda) untuk kawasan mangrove, agar tidak ada lagi penebangan liar oleh sekelompok orang yang tak bertanggung jawab. (hasan)

Sumber http://www.wartamerdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar