PERINGATI HARI MANGROVE SEDUNIA MAPALA PLANKTHOS ADAKAN PENANAMAN MANGROVE DI PESISIR KOTA BONTANG

MangroverID - Sadar betapa pentingnya kelestarian ekosistem mangrove bagi kehidupan pesisir dan laut. Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman yang bernaung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Mahasiswa Pecinta Alam Plankthos (Mapala Plankthos) mengadakan acara penanaman mangrove pada peringatan hari mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli tiap tahunnya. Selain itu juga kegiatan penanaman mangrove merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Cipta Orientasi Lingkungan V (CORAL V) yang bertujuan untuk melakukan pengkaderan bagi anggota muda Mapala Plankthos.

Pelaksanaan kegiatan penanaman mangrove sehari setelah peringatan hari mangrove sedunia yaitu pada tanggal 27 Juli 2011, jumlah mangrove yang ditanam sebanyak 1.200 pohon dengan jenis Rhizophora sp. Adapun yang menjadi lokasi penanaman di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang. Peserta penanaman mangrove terdiri dari masyarakat umum, petambak, nelayan, pegawai pemerintah, mahasiswa universitas mulawarman serta siswa sekolah menengah atas di Kota Bontang.

Kegiatan ini berjalan berkat bantuan dari beberapa pihak diantara Universitas Mulawarman, Dinas Perikanan, Kelautan dan Pertanian Kota Bontang, Kelompok Tani di Kelurahan Tanjung Laut Indah, Taman Nasional Kutai, PT. LNG Badak dan PT. Pupuk Kaltim.

Sumber http://fpik.unmul.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar