Ajak Turis Tanam Bakau

MangroverID - Tribunpontianak.co.id - Membuat program dengan mendedikasikan amanah yang diemban untuk green tourism adalah kegiatan baru yang akan dilakukan Teguh Aprilia Wigawati, runner up 2 Putri Indonesia Kalbar 2010.

"Rencananya program tersebut dilakukan melalui program berbasis lingkungan hidup, agar ke depan pada sektor pariwisata dapat dikembangkan dengan ramah lingkungan dan menerapkan azas-azas lingkungan hidup," ungkap Wiga, panggilan akrab cewek berambut panjang tersebut kepada Tribun, Kamis (2/6).

Dia mengatakan, mengembangkan dan mengunjungi hutan bakau merupakan kegiatan yang akan dilakukannya nanti. Melihat keberadaan hutan bakau saat ini, ia mengungkapkan sangat prihatin sekali. Banyak hutan bakau yang kini kondisi terusik dan terganggu ekosistemnya.

Ia menjelaskan, hutan mangrove adalah sumberdaya alam daerah tropis. Peranan ekosistem hutan mangrove sangat besar bagi kehidupan, dapat diketahui dari banyaknya jenis hewan yang hidup di perairan atas tanah, maupun di tajuk-tajuk pohon mangrove. Dan berapa banyak manusia yang bergantung pada hutan mangrove itu.

Olehkarena itu, untuk mengembalikan dan melestarikan hutan mangrove yang ada, menurutnya diperlukan peranan semua stackholder dalam menyelamatkan maupun menjaga kestabilan ekosistem mangrove.

Dengan program yang akan dilakukannya tersebut, ia akan berusaha membawa dan mengajak para turis untuk ikut menanam hutan bakau. Sehingga fungsi hutan mangrovepun dalam menjaga ekosistem, memelihara hewan-hewan liar dan mencegah abrasi dapat berdaya guna baik bagi masyarakat maupun pembangunan berkelanjutan.

Baginya, tidak cukup hanya dengan menanam saja tapi pemeliharaan juga sangat penting dilakukan, agar keberadaannya tetap lestari. "Saya pikir perlunya bekerjasama dengan pihak investor dari segi pemeliharaan dan pelestarian hutan bakau," paparnya.

Gadis berperawakan tinggi 167 sentimeter ini, suka dengan hal-hal yang baru. Prestasinya di berbagai ajang perlombaan sangat banyak. Menyandang gelar putri dalam perlombaan, baik pariwisata, duta lingkungan hidup, dan gelar lainya sering diperolehnya.

Menurutnya, apa yang didapatnya kini adalah bentuk penghargaan dan hasil dari doa serta kerja keras yang ia lakukan. "Saya selalu fokus setiap mengikuti berbagai ajang atau perlombaan. Rasa penasaran saya yang selalu ingin tahu dengan hal baru membuat tertantang dan terus maju untuk mengikuti perlombaan yang ada," ujarnya.

Dengan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan sebagai "putri" membuat kepribadiannya menjadi lebih feminin. "Secara tidak langsung apa yang telah saya dapatkan dari perlombaan yang pernah saya ikuti membentuk pribadi saya menjadi lebih baik. Artinya attitude dan cara berbicara, benar- benar selalu saya jaga," ucapnya.

Wiga mengutarakan tidak hanya sampai di sini saja dirinya mengeksplor diri. Ia akan mempersiapkan dirinya untuk mengikuti ajang pemilihan Miss Indonesia 2012. "Kalau Miss Indonesia peranannya lebih bersifat sosial, sehingga membuat saya tertarik untuk mengikutinya tahun nanti," ujarnya.

Penulis : Mirna
Editor : admin
Sumber : Tribun Pontianak

Sumber http://pontianak.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar