Peduli Lingkungan, Daikin Tanam Bakau

MangroverID - Sebagai salah satu penyeimbang ekologis, tanaman bakau seringkali dilirik oleh beberapa orang maupun sejumlah perusahaaan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya, PT. Daikin Indonesia. Perusahaan tersebut melakukan penanaman bibit pohon bakau di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara, beberapa hari lalu.

Tak tanggung-tanggung, mereka menanam sebanyak 4000 bibit pohon bakau. Para petinggi PT. Daikin, seperti President Director PT. Daikin Indonesia, Urip Sugiono, dan perwakilan dari Daikin Industries Limited, Mr. Masihiro Noguchi, turut hadir. Bahkan mereka tak segan-segan terjun langsung mananam bibit. Mereka didampingi Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono.

Pemberian bibit pohon bakau secara simbolis kepada anak-anak rumah singgah dalam rangka menanamkan semangat kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. (Foto: Nopiyanti)Bagi mereka, lingkungan hidup merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Demikian pula dengan produk-produk Daikin. ”Oleh karenanya, aktivitas industri kami selama berkarya di Indonesia akan selalu diupayakan untuk berjalan beriringan dengan program-program yang berkenaan dengan pelestarian lingkungan hidup,” imbuh Urip.

Mereka menyadari pula, menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan hidup bukan perkara mudah. Sebab, dibutuhkan komitmen sungguh-sungguh dalam jangka waktu relatif tidak singkat. Nah, melalui program penanaman bibit bakau mereka akan bertanggung jawab pula terhadap perawatannya. Langkah tersebut diharapkan menjadi kontribusi nyata pelestarian lingkungan hidup serta kehidupan konsumen yang lebih baik.

Presiden Direktur PT. Daikin Indonesia, Urip Sugiono, saat melakukan penanaman bibit pohon bakau. (Foto: Nopiyanti)Penanaman bibit pohon bakau ini bertujuan untuk menahan terjadinya abrasi dari gerusan air laut. Di samping itu, bisa digunakan untuk menyerap kadar karbon dalam udara sehingga mengurangi kandungan emisi di udara. Kepedulian mereka terhadap lingkungan bukanlah hal baru. Pada bulan Februari 2002 Daikin Global menciptakan simbol Kepedulian Lingkungan dengan tujuan untuk membuat lingkungan menjadi hijau.

Mereka berpikir, sekecil apapun yang dilakukan oleh masing-masing individu akan menghasilkan sesuatu yang besar. Simbol Kepedulian Lingkungan tersebut berupa “Bumi yang Berbentuk Hati berwarna Hijau” . Simbol itu merepresentasikan determinasi setiap bagian dan semua karyawan di Daikin harus selalu berpikir Hijau alias berpikir tentang bumi dan memelihara lingkungannya.

Wujud kepedulian PT. Daikin Indonesia terhadap kelestarian lingkungan di Indonesia. (Foto: Nopiyanti)Lalu November 2008 Daikin Industries bekerja sama dengan NGO Conservation International melaksanakan program reboisasi dengan menanam 5000 bibit di lahan seluas 10 ha di Desa Nagrak, Sukabumi. Agustus 2009 Daikin Industries melaksanakan program pendidikan lingkungan kepada 200 siswa sekolah dasar, di wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, sebagai bukti kepedulian pada pembangunan dan kemajuan warga yang tinggal di sekitar lokasi reboisasi.

Sumber http://www.tnol.co.id

0 komentar:

Posting Komentar