TANAM BAKAU UNTUK PULAU!

MangroverID - Sekitar pukul 05.45 pagi, seratus lebih teman-teman dari 20 SMA sudah siap dan berbaris rapi. Mereka akan mengelilingi sebuah pulau mungil di Kepulauan Seribu. Ya, hari Minggu (2/7) yang cerah ini akan mereka isi dengan kegiatan seru di Pulau Untung Jawa, kep. Seribu.
Kegiatan hari ini dimulai dengan 'clean island', yaitu berjalan mengelilingi pulau sambil membawa kantung sampah. Teman-teman dipandu oleh para mentor dan tim dari TNI AL RI untuk kerja bakti membersihkan pesisir pantai dan lingkungan sekitar pulau.

Setelah 1 jam mengelilingi pulau, saatnya penanaman Pohon Bakau di sekitar pantai. Teman-teman yang mewakili kelompoknya tampak antusias dan rela basah-basahan untuk aksi go green mereka ini.

"Seru, basah! Bermanfaat banget, bisa bantu melestarikan lingkungan dan mencegah abrasi pantai!"seru Alan, dari SMA Labschool Rawamangun sambil mengangkat tinggi-tinggi bibit bakaunya.

Pendapatnya pun didukung Dira, teman satu sekolahnya. "Iya, seru. Excited banget. Biasanya kan cuma bisa lihat ini di TV, hari ini akhirnya bisa ikut berpartisipasi," tambahnya.

Peserta lain yang juga tampak antusias adalah Arsyahrey dari SMK Telkom Jombang. "Enak banget seru, biasanya di rumah nggak pernah nanem bakau di air gini, bareng kakak-kakak dari TNI pula," ujarnya bangga.

Kegiatan clean island dan penanaman pohon Bakau ini adalah salah satu rangkaian kegiatan di acara Bina Taqwa Pelajar Indonesia yang diadakan SMA Labschool selama 4 hari (30/6-3/7), bekerja sama dengan TNI AL RI dan mengundang beberapa SMA dari seluruh Indonesia.

Sumber http://www.hai-online.com

0 komentar:

Posting Komentar