Wagub Jatim Tanam Mangrove Bareng 1.000 Penderita Kusta

MangroverID - Surabaya - Sekitar 1.000 bekas penderita kusta dan Wagub Jatim melakukan penanaman pohon mangrove di areal Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya. Acara tersebut untuk memperingati hari kusta se-dunia tepatnya setiap 31 Januari.

Selain melakukan penanaman pohon mangrove, juga diselingi keterampilan mantan penderita kusta serta penampilan seni dari siswa siswi SMKN 9 Surabaya.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami menghapus stigma terhadap penderita kusta," kata fasilitator Perhimpunan Mandiri Kusta (Permata) Indonesia, Bahrul Fuad kepada wartawan di sela-sela acara penanaman mangrove, di Ekowisata Mangrove, Wonorejo, Surabaya, Minggu (31/1/2010).

Ia mengatakan, selain meningkatkan kualitas hidup penderita kusta, juga ingin menampilkan skill penderita kusta.

"Kita berharap masyarakat tidak takut lagi dengan kusta. Kita juga ingin masyarakat berkarya bersama penderita kusta tanpa ada perbedaan," ujar Bahrul.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengaku bangga dengan keberanian dan skill penderita kusta.

"Kalau gubernur, wakil gubernur, walikota, TNI Polri atau masyarakat umum menanam mangrove itu sudah biasa dan umum. Tapi kalau penderita kusta sudah sembuh dan ikut menanam itu luas biasa," kata Wagub Jatim Gus Ipul yang didampingi istrinya Ummu Fatma Saifullah Yusuf.

Gus Ipul juga memberikan semangat, agar penderita kusta tidak minder di tengah - tengah masyarakat.

"Jangan takut, kalau hidup kita bermanfaat bagi orang lain, itu lebih mulia dari pada orang lain," jelasnya.
(roi/bdh).

Sumber http://surabaya.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar