Komunitas Pelangi Tanam Seribu Mangrove di Pantai Kenjeran

MangroverID - Surabaya - Untuk melestarikan lingkungan khususnya di kawasan pantai Surabaya, Telkomsel melalui komunitas Telkomsel Pelangi (Paling Peduli Lingkungan Indonesia) menanam seribu mangrove, Selasa (28/6/2011) di Pantai Ria Kenjeran.

Acara yang bekerjasama dengan Yayasan Tunas Hijau itu dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini serta perwakilan sekolah SMP dan SMA se-Surabaya.

Acara yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel bidang Lingkungan Hidup, untuk kali ini memang ingin untuk rehabilitasi dan penghijauan di wilayah Pantai Surabaya. Fungsi pertama adalah sebagai konservasi, yang mampu antara lain untuk melindungi pantai dari aberasi dan intrusi air laut, melindungi pantai dari angin kencang dan gelombang pasang air laut serta shelter belt bagi pemukiman dan budidaya.

Tri Rismaharini menyambut gembira apa yang dilakukan ini. Menurutnya, Surabaya memiliki pantai terpanjang di Indonesia. Pihak pemerintah kota sendiri berusaha untuk mengamankan lingkungan.

Juga berusaha untuk memberikan ruang yang sengaja dibuka untuk warga Surabaya yang hendak menikmati pantainya. "Tapi masalahnya kadang ombak tidak bersahabat. Untuk menahan ombak itu kita harus menanam mangrove. Dengan menanam mangrove di pantai Kenjeran, berarti sudah tidak bisa lagi dilakukan pelebaran," ungkap Risma.

Vice President Area Jawa Bali Gilang Prasetya menyampaikan, sasaran CSR Telkomsel Pelangi yang terdiri dari karyawan Telkomsel beserta keluarganya, mitra Telkomsel dan pelanggan Telkomsel ini tidak hanya berkaitan dengan aktivitas lingkungan luar ruang seperti penanaman mangrove, namun di dalam internal kantor Telkomsel juga sudah lama menggalakkan pola kerja yang ramah lingkungan.

"Misalnya dengan menggunakan BTS Go Green terbesar di Asia, memanfaatkan kertas recycle dan e-paper untuk administrasi surat menyurat antar divisi, memproduksi material promosi yang ramah lingkungan, dan mengajak pelanggan kartuHALO untuk menggunakan e-billing tagihan bulanannya ataupun m-Kios sebagai transaksi pulsa tanpa kertas, hemat listrik, hemat air dan tisu dikalangan karyawan, serta menggunakan perangkat power yang kedap suara di tiap tower guna mencegah terjadinya polusi suara. Disamping itu Telkomsel juga aktif mendukung kegiatan gerak jalan sehat, fun bike maupun car free day," ujar Gilang.

Gerakan kampanye Komunitas Telkomsel PELANGI atau Paling Peduli Lingkungan Indonesia diutarakan oleh Gilang diluncurkan di wilayah Area Jawa Bali sebagai rangkaian perayaan HUT Telkomsel ke-16.

Inisiasi ini diharapkan dapat terus berkembang dengan melibatkan partisipasi karyawan internal beserta keluarganya, mitra Telkomsel, serta komunitas pelanggan yang jumlahnya jutaan di Surabaya.

"Dengan melibatkan berbagai komponen komunitas Telkomsel yang jumlahnya sangat besar di Surabaya, CSR Telkomsel Pelangi dapat diandalkan dalam terus berupaya menjaga Keep Surabaya Clean. Hal ini sejalan dengan anjuran Pemerintah Kota Surabaya agar Surabaya tetap menjadi Kota terbersih di Indonesia bahkan mungkin di Asia," pungkasnya.

(bdh/bdh)

Sumber http://surabaya.detik.com

0 komentar:

Posting Komentar