Cegah Abrasi, Warga Tuban Tanam Mangrove

MangroverID - Tuban (beritajatim.com) - Warga dari Kelurahayan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban secara swadaya melakukan penanaman pohon mangrove di sekitaran pantai. Penanaman itu sebagai upaya untuk menyelamatkan kawasan pantai, dan pencegahan terhadap abrasi. Pantuan beritajatim.com, sejumlah warga desa tersebut yang juga termasuk para pemuda itu melakukan penanaman sedikitnya 180 pohon mangrove, cemara, ketapang dan sejumlah pohon yang lain. "Ini bisa untuk menyelamatkan pantai dari gerusan derasnya gelombang air laut," ujar Bambang Eko Wijanarko, dari salah satu koordinator aksi.

Menurut Wijanarko, kondisi pantai sudah cukup memprihatinkan. "Sudah banyak yang mengalami abrasi akibat kurangnya tanaman penahan gelombang air laut," ujarnya.

Wijanarko menjelaskan, selama ini akibat tingginya aberasi di wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Tuban, termasuk wilayah pantai Panyuran tersebut sudah banyak lahan milik warga yang berubah menjadi laut.

"Meski ini belum berarti tetapi kami bersama masyarakat sudah berupaya untuk melakukan pelestarian pantai, dan ini untuk mengurangi abrasi di pantai yang lebih parah lagi," tambahnya.

Dengan kondisi pantai yang sudah banyak yang terkikis oleh air laut itu, mereka pun berharap kepada pemerintah untuk ikut membantu warga sekitar pesisir pantai untuk memberikan bantuan berupa bibit pohon. [mut/but]

Sumber http://www.beritajatim.com

0 komentar:

Posting Komentar